Pilih Salah Satu Makanan Yang Membuat Awet Muda

Jus wortel
Waduh jeng masih awet muda aja, apa si tipsnya, bagi-bagi dong!!. Begitulah kira-kira percakapan yang sering kita dengar disaat ibu-ibu sedang kumpul. Penampilan yang terlihat awet muda menjadi kebanggaan tersendiri bagi seseorang. Untuk bisa terlihat awet muda coba ikuti tips awet muda dengan konsumsi makanan yang dipercaya bisa menjaga kesehatan kulit. Pilih salah satu makanan yang bisa membuat awet muda.

Usia boleh bertambah tua namun penampilan tetap muda. Penampilan tetap muda yang dimaksud disini adalah awet muda(kulit). Kalau yang dimaksud dengan cara hidup yang berpenampilan muda itu adalah gaya hidup seperti bergaul dengan anak-anak muda, berpakaian seperti anak muda dan sebagainya, semua orang juga tentu bisa. Namun penampilan awet muda dari segi kulit itu yang luar biasa. Tidak semua orang bisa terlihat awet muda.

2 Hal Yang Mempengaruhi Awet Muda

Ada dua hal utama yang mempengaruhi penampilan awet muda. 2 hal tersebut, mau tidak mau, semua orang akan mengalaminya. Berikut adalah dua hal yang mempengaruhi penampilan awet muda, yaitu :
1. Usia.
Semua orang akan mengalami penambahan usia biologis. Seiring waktu yang berjalan, seseorang akan bertambah pula usia biologisnya, mulai hari kelahiran sampai hari kematian. Penambahan usia akan mempengaruhi pada penampilan karena regenerasi  sel-sel dalam tubuh sudah tidak berjalan dengan semestinya.
2. Kulit
Awet muda itu berhubungan erat dengan kulit manusia. Kulit yang tetap segar, tidak keriput sana sini akan termasuk golongan awet muda. Regenerasi kulit yang tidak berjalan semestinya akan membuat seseorang terlihat lebih tua dari usia yang sebenarnya. Saya rasa tidak ada orang yang terlihat boros wajahnya. 
Dengan memperhatikan kedua faktor tersebut, artikel kesehatan berikut akan mengulas pada faktor yang kedua yaitu kulit. Pertimbangannya, faktor usia itu terkait dengan pola hidup sehat sedangkan untuk faktor yang kedua( kulit) terkait dengan konsumsi dan asupan gizi makanan yang akan mempengaruhi regenerasi kulit. 

Pengertian Regenerasi Kulit

Pengertian secara umum, regenerasi kulit adalah pergantian sel kulit. Pada usia muda, pergantian sel kulit berjalan dengan semestinya. Namun seiring bertambahnya usia, proses pergantian sel-sel kulit sudah berjalan lambat. Yang perlu di ketahui bahwa sel-sel padabkulit membutuhkan asupan gizi yang bisa berfungsi untuk memicu sel tetap beregenerasi. Asupan gizi menjadi salah satu faktor yang membuat proses regenerasi sel-sel kulit tetap lancar.

Asupan Gizi Bagi Kulit

Kulit membutuhkan berbagai asupan gizi untuk menunjang proses pergantian sel-sel kulit. Berikut adalah asupan gizi yang di butuhkan bagi kulit, yaitu :
1. Air.
Seperti yang kita ketahui bahwa sebagian besar tubuh kita terdiri dari air. Air di butuhkan kulit untuk menjaga kelembaban kulit dan membuat kulit jadi halus.
2. Asam lemak essensial
Fungsi utama dari asam lemak essensial itu adalah membangun sel lipid yang dapat membentuk pelindung kulit dari berbagai kerusakan yang ditimbulkan oleh sinar ultraviolet matahari. Asam lemak essensial yang dibutuhkan dalam proses regenerasi kulit adalah yang banyak mengandung omega-3 dan omega-6. Sumber utama omega-3 terdapat pada bahan makanan seperti ikan salmon, kacang merah dan bayam. Sedangkan sumber utama omega-6 terdapat pada bahan makanan seperti unggas, minyak sayur dan biji-bijian.
4. Antioksidan
Antioksidan berfungsi untuk melawan molekul yang merusak sel sehat tubuh. Terkait dengan asupan gizi bagi kulit, antioksidan yang di butuhkan kulit berasal dari Vitamin C dan Vitamin E. Vitamin C berfungsi untuk pembentukan kolagen kulit sedangkan Vitamin E berfungsi dalam perlindungan membran sel kulit dari bahaya sinar UV.

Makanan Yang Baik Untuk Penampilan Kulit Awet Muda

Makanan yang termasuk baik untuk menjaga penampilan kulit agar tetap awet muda adalah bahan makanan yang banyak mengandung asam lemak essensial dan antioksidan. Berikut adalah dafyat makanan yang baik untuk penampilan kulit tetap awet muda, yaitu :
1. Kacang Merah
2. Ikan salmon
3. Bayam
4. Unggas
5. Minyak sayur
6. Biji-bijian
7. Jeruk
8. Cokelat
9. Gandum
10. Kiwi
Sebetulnya masih banyak bahan makanan yang bisa membuat penampilan kulit tetap awet muda, ceria dan segar. 


Terima kasih sudah berkomentar