Pengaruh Konsumsi Telur Setiap Hari

Konsumsi Telur


Telur adalah bahan makanan yang mudah di masak sebagai hidangan makanan. Terkadang banyak orang mengkonsumsi telur setiap harinya. Hal tersebut beralasan pada cara masak telur yang mudah dan kandungan protein tinggi pada telur. Benarkah hal tersebut?. Lalu, apa pengaruh konsumsi telur setiap hari pada kesehatan tubuh?.

Tips Memilih Telur Yang Baik

Pada umumnya, jenis telur yang sering di masak adalah telur ayam: ketersediaan yang banyak dan mudah dimasak. Cara masak telur sangat mudah, bisa sekedar di goreng tanpa bumbu(telur ceplok), di goreng dengan memakai bumbu(telur dadar), di rebus dengan mie instan dan sebagainya.
Untuk memperoleh manfaat dari konsumsi telur, ada baiknya untuk memilih telur yang masih dalam kondisi bagus. Oleh karena itu, harus tahu cara membedakan mana telur yang masih baik atau sudah tidak layak di masak. 
Berikut adalah tips memilih telur yang baik, yaitu :
1. Jika tujuan penggunaan telur untuk pembuatan kue maka tips ini bisa dipertimbangkan sebagai bahan rujukan. Tips memilih telur: telur dimasukkan ke dalam air dalam wadah seperti baskom, jika telur mengambang maka telur tersebut sudah tidak lagi segar dan akan membuat gagal pembuatan kue. Pilihlah telur yang tenggelam.
2. Pilih kulit telur yang tebal karena kulit itu sebagai pelindung bagi putih telur dan kuning telur.
3. Pilih telur mentah yang tidak berbau karena bau itu indikasi sudah tidak segar lagi.

Kenali Kandungan Gizi Telur

Telur dipercaya memiliki kandungan gizi yang tinggi yang dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan gizi telur adalah protein, lemak, mineral, vitamins. Vitamins yang terdapat pada telur yaitu Vitamins B6, Vitamins B12, Vitamins A, Vitamins D, Vitmins E dsb. Mineral yang terkandung dalam telur yaitu zat besi, kalsium, kalium dsb.

Manfaat Konsumsi Telur

Manfaat konsumsi telur adalah :
1. Membantu perkembangan otak. Kuning telur banyak mengandung vitamins B kompleks dan kolin. Fungsi vitamins B kompleks dan kolin adalah membantu fungsi sistem syaraf.
2. Dalam program diets, telur mampu menjaga berat badan. Halbtersebut dikarenakan telur rendah kalori.
3. Kesehatan mata. Telur memiliki kandungan Vitamins A yang berfungsi sebagai antioksidan retina mata.

Apa Pengaruh Konsumsi Telur Setiap Hari

Konsumsi telur itu bagus untuk menunjang kesehatan dan kebugaran tubuh. Namun, apa yang terjadi jika konsumsi telur di lakukan setiap hari?. Berikut adalah pengaruh konsumsi telur setiap hari, yaitu :
1. Meningkatkan resiko terkena diabetes tipe 2. Meskipun banyak penelitian yang menyebutkan ada pengaruh positif antara konsumsi telur setiap hari dengan diabetes tipe 2 namun tidak di ketahui penyebab pasti.
2. Meningkatkan resiko overweight( kegemukan). Seperti yang kita ketahui, telur mengandung asam lemah jenuh yang membutuhkan waktu yang lama dalam proses penguraian dalam sistem pencernaan.
3. Meningkatkan resiko terkena terkena penyakit jantung. Tidak ada penelitian yang pasti, namun diduga karena kuning telur itu mengandung kolesterol yang tinggi.

Tips Konsumsi Makanan

Tips terbaik konsumsi makanan adalah berhenti makan sebelum kenyang. Sebagai perumpaan: tidak ada seorang pun yang menuangkan air ke dalam gelas sampai benar-benar penuh, selalu disisakan sedikit ruang kosong. Begitu juga dengan manusia, jika kita makan berhentilah makan sebelum kenyang. Tips berhenti sebelum kenyang adalah mengambil nasi dan lauk secukupnya, jika masih di rasa kurang ambil lagi.